Hari Keuangan Republik Indonesia

Pada tanggal 30 Oktober 2016 tepat hari ini, merupakan Hari Oeang Repoeblik Indonesia yang kemudian diperingati sebagai Hari Keuangan Nasional genap berusia 70 tahun.

Mungkin ratusan juta penduduk Indonesia bahkan kita sendiri tidak banyak yang menyadari bahwa sekarang adalah hari keuangan, tidak sebaik saat kita mengenal hari kemerdekaan, hari pahlawan, hari kebangkitan nasional atau hari-hari bersejarah lainnya. Karena memang tidak ada upacara bendera yang wajib dilakukan di kementerian lain. Hanya Kementerian Keuangan yang memperingati hari lahirnya uang rupiah ini dengan sebuah upacara bendera sederhana. Sehingga masyarakat jarang memperbincangkan hari keuangan. Padahal hari keuangan ini juga tidak lepas dari sejarah bangsa Indonesia.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan. Segera setelah peristiwa tersebut terjadi, pemerintah Republik Indonesia memandang perlu untuk mengeluarkan uang sendiri. Uang tersebut bagi pemerintah tidak sekedar sebagai alat pembayaran semata-mata, tetapi juga berfungsi sebagai lambang utama suatu negara merdeka, serta sebagai alat untuk memperkenalkan diri kepada negara lain. Kemudian pada tanggal 30 Oktober 1946, pemerintah Indonesia merdeka menyatakan hari tersebut adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia sebagai tanggal beredarnya Oeang Repoeblik Indonesia

sumber : keepo.me, himatel.pens.ac.id, Oktober 2016.
Share This :
FacebookTwitterGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *