nn

Hari Guru Nasional? Hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)? 25 November? Mungkin diantara kita ada yang belum tahu kenapa di Indonesia setiap tanggal 25 November 2016 diperingati sebagai Hari Guru Nasional dan Hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).. Jadi, awalnya PGRI terbentuk pada tahun 1912 namun dengan nama yang berbeda yaitu Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Lalu setelah dua dekade namanya pun diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI), dimana hal itu membuat pemerintah Belanda tidak senang dengan adanya kata “Indonesia” yang sangat dibanggakan oleh guru dan bangsa Indonesia. Bukan hanya itu, pada jaman pendudukan Jepang ada larangan untuk berjalannya organisasi maupun sekolah, sehingga PGI pun tidak bisa berjalan seperti biasanya. Perjuangan tidak berhenti sampai disitu, setelah Indonesia resmi merdeka dan dengan semangat Proklamasi PGI menggelar Kongres Guru Indonesia yang membuahkan hasil yaitu pada tanggal 25 November 1945 didirikannya PGRI. Pemerintah pun menetapkan tanggal tersebut sebagai hari lahir PGRI yang setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Ya, itu dia sejarah singkat dari diperingatinya Hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November di Indonesia. Dapat kita lihat, tugas mulia guru bukan hanya mengajar tetapi memperjuangkan sekuat tenaga demi generasi-generasi penerus bangsa yang lebih baik. Contohnya seperti kisah inspiratif dari Ibu Guru bernama Zahwati Yussuf. Beliau yang sekarang berusia 46 tahun tetap mengajar murid-muridnya dengan tekun meski mempunyai keterbatasan fisik. Cerita dari Ibu Zahwati sebenarnya sudah dibagikan dari 23 Agustus 2016 lalu dan telah menginspirasi banyak orang. Berikut gambar sosok beliau ketika sedang mengajar di kelas.

 

zahwati-yussuf_20160830_184431

Ibu Zahwati Ketika Sedang Mengajar Di Kelas

Setelah kita mengetahui kisah dari beliau, dibawah ini juga terdapat film pendek yang diambil dari kisah nyata, tentang seorang guru yang mendedikasikan hidupnya untuk mendidik muridnya, agar kita dapat lebih menghargai jasa para guru. Orang-orang hebat di Indonesia pasti tidak lepas dari bimbingan seorang guru yang hebat. Langsung saja simak video berikut ini, selamat menyaksikan : (lut)

Share This :
FacebookTwitterGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *