143455-636167145027373756-16x9

Sebagai mahasiswa pasti merasakan banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan, sehingga membuat kita terkadang kesulitan mengatur jadwal. Hal dasar dan penting yang harus diperhatikan sebagai mahasiswa yaitu manajemen waktu. Kita harus pintar-pintar mengatur waktu agar kegiatan-kegiatan kita bisa terlaksana dengan lancar. Beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu :

Membuat jadwal


Hal pertama yang harus dilakukan dan wajib dalam memanajemen waktu yaitu membuat jadwal. Tujuannya yaitu agar kegiatan kita dapat terencana, terlaksana, dan tidak terlewat.

Tentukan skala prioritas

Adakalanya kita menemui permasalahan dimana kegiatan yang kita lakukan itu bertabrakan, sehingga kita harus memilih diantara keduanya. Prioritas adalah hal penting yang harus dilakukan. Kita harus bisa memilih kegiatan mana yang lebih mendesak dan menetapkan itu pada peringkat lebih tinggi dalam daftar.

Konsisten

Kita harus konsisten dengan jadwal yang sudah ditetapkan, jangan melakukan hal-hal diluar jadwal yang akan membuat waktu kita terbuang percuma.

Cek list

Cek list kegiatan yang sudah dikerjakan, agar memudahkan kita untuk melakukan aktivitas apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Evaluasi hasil

Evaluasi ini dilakukan agar kita dapat memperbaiki kegiatan yang tertunda, apakah kegiatan kita juga berjalan dengan semestinya atau tidak. Setelah itu baru kita cari tau penyebab dan solusinya agar dapat dijadikan pertimbangan untuk kedepannya.

Jadi kita sebagai mahasiswa harus punya pandangan kedepan untuk sukses. Kesuksesan berawal dari manajemen waktu yang baik. Apabila dalam hal kecil saja kita sudah terbiasa, maka kita juga akan bisa menghadapi atau menyelesaikan hal yang lebih besar nantinya. (man)

Share This :
FacebookTwitterGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *