f

Pentingnya menjaga kesehatan dapat dilihat dari beberapa sudut pandang yang berbeda. Ketika berbicara tentang kesehatan, tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga menjaga kesehatan mental dan pikiran. Kesehatan dapat digambarkan dengan kondisi fisik serta fungsi pikiran yang dapat bekerja dengan baik. Penyebab utama kondisi kesehatan yang buruk adalah penyakit, kurang istirahat, pola makan yang buruk , kurang menjaga kebersihan dan lain – lain.

Banyak sekali manfaat dari hidup sehat. Tubuh akan lebih kebal terhadap serangan penyakit dan lebih mudah dalam menjalani aktivitas. Dengan kondisi kesehatan yang baik, pekerjaan – pekerjaan yang dilakukan pun akan menjadi lebih maksimal dan memberi hasil yang lebih baik. Hidup sehat juga membuat hidup menjadi  lebih bahagia.

Kesehatan mental dan kesehatan fisik merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Apabila seseorang buruk kesehatan mentalnya, maka kondisi fisiknya akan menurun dan mudah terserang penyakit. Sebaliknya, apabila seseorang buruk kesehatan fisiknya, maka pikirannya mudah mengalami down. Kesehatan fisik juga terwujud dari sehatnya pikiran.Terdapat beberapa penyakit fisik yang dapat disembuhkan dengan pikiran yang jernih dan sehat.

Sebagai Mahasiswa tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan, baik di lingkungan kampus maupun di lingkungan tempat tinggal. Dimulai dari menjaga kebersihan lingkungan, mengatur pola makan serta istirahat yang cukup. Ini akan menjadikan pikiran menjadi lebih sehat serta menghindari penyakit – penyakit yang berbahaya. Ketika tubuh dan pikiran bebas dari tekanan, Mahasiswa akan lebih siap dalam melakukan pekerjaan serta kegiatan dengan sikap positif. Dengan kondisi yang baik, kehidupan sehari – hari akan menjadi lebih tenang dan produktivitas akan lebih meningkat.

Inilah mengapa kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu, baik itu muda atau tua. Kesehatan memiliki dampak besar terhadap kinerja serta sikap dalam menjalani kehidupan. Untuk hidup sehat, sikap disiplin merupakan suatu keharusan. Dengan makan makanan yang bergizi, rajin berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup dan menjaga kebersihan lingkungan. Jauhi kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan minum minuman yang dapat merusak tubuh. Serta hindari pikiran – pikiran yang dapat menyebabkan stress dan tekanan mental yang berkelanjutan. Hidup sehat merupakan anugerah yang berharga dari Tuhan Yang Maha Esa. Tidak semua orang bangun di pagi hari dengan keadaan sehat. Oleh karena itu apabila diberi kesehatan tentunya harus disikapi dengan rasa syukur dan menjalani kehidupan dengan penuh semangat.(Ras)

Share This :
FacebookTwitterGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *