managing-money-growth-830x553

Kita sebagai Mahasiswa pastinya sering sekali menghadapi masalah keuangan, apalagi pada saat “tanggal tua”. Hal ini terkadang menjadi momok dan permasalahan bagi kita, padahal permasalahan ini justru datang dari sikap kita sendiri. Berikut adalah cara – cara ampuh untuk melakukan pengelolaan keuangan

  1. Menabung

Dari kecil kita pasti sudah diajarkan untuk menabung oleh orang tua kita. Nasihat ini memang membosankan untuk didengar tapi sangat berguna bagi masa depan kita. Prioritaskan menabung apabila mendapat uang lebih karena tabungan tersebut kelak akan sangat berguna di kemudian hari.  Menabung secara disiplin dan rutin dapat menjadi investasi kecil – kecilan untuk mencapai tujuan atau hal lain yang ingin kita capai, misalnya ingin membeli suatu barang atau pergi ke suatu tempat.

  1. Tentukan rencana anggaran keuangan

Sebagai Mahasiswa, biasanya orang tua ada yang masih memberikan support dari segi finansial. Manfaatkan sumber pemasukan itu sambil belajar untuk melakukan usaha atau bekerja sampingan apabila mampu untuk membantu orang tua  atau sekedar menambah uang jajan. Setelah mencatat seluruh sumber pemasukan, selanjutnya kita harus mendaftarkan seluruh pengeluaran yang akan dikeluarkan dalam sebulan. Hal – hal wajib sebaiknya diprioritaskan seperti membayar kos, membeli pulsa, atau uang untuk membayar UKT. Dengan rencana anggaran yang terperinci, keluar-masuknya keuangan kita dapat lebih teratur.

  1. Mengatur keinginan

Ini memang merupakan hal yang cukup sulit karena musuh terbesar adalah diri kita sendiri. Ketika anggaran sudah ditetapkan, terkadang banyak godaan yang menghampiri seperti diajak teman ke café dan mencoba jajanan “kelas atas” yang bisa membuat anggaran pengeluaran membengkak. Kendalikan pikiran kita dengan fokus pada tujuan tabungan kita dan tujuan investasi yang akan kita lakukan. Patuhi anggaran keuangan agar kita tidak mengikuti nafsu untuk membelanjakan uang kita tanpa memperhatikan anggaran yang sudah diatur.

Nah itu adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengelola keuangan kita agar tidak gampang menghadapi masalah keuangan. Mulailah sejak dini mengelola keuangan dengan teratur dan patuhi anggaran keuangan yang telah kita buat. Kalau tidak dari sekarang kapan lagi?(Ras)

Share This :
FacebookTwitterGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *